Pages

Jumat, 16 November 2012

AGAMA AFRIKA KUNO


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam kepercayaan yang dianut bangsa Australia,yaitu agama pagan,maka hal ini juga merambat ke berbagai benua yang terdapat di belahan bumi lainnya ,khususnya ben ua afrika. Berbagai ritual keagamaan dan kepeecayaan yang masih ada adalah agama pagan. Dan masing cara ritualnya berbeda-beda.
Salah satu peradaban yang paling kuno adalah peradaban yang terdapat di sungai Nil,Mesir. Peninggalan peradaban yang diwariskan oleh bangsa mesir pada zaman dahulu ini  memberikan pengaruh yang sangat besar dalam sejarah panjang benua afrika. Para nabi yang diutus Allah seperti nabi musa,Ibrahim,nabi harun dan nabi musa,diutus ke benua ini hanaya untuk meluruskan kepercayaan yang dianut oleh penduduk mesir dahulu kala,karena kepercayaan yang telah menyimpang dan penuh dengan kesyirikan.
Akibat dari penyimpangan yang dipenuhi nuansa syirik ini kemudian merambat dan mempengaruhi terhadap daerah-daerah yang terdapat di benua afrika dan menyebabkan kepercayaan bangsa ini kepercayaan pagan. Nuansa syirik yang diwarisi oleh bangsa mesir ini kemudian menjadi kepercayaan penduduk bangsa afrika menyimpang. Tentu hal ini keluar dari fitrah seorang muslim yang beragam islam.
    Namun bangsa afrika ini tidak semuanya memeluk agama pagan,karena sebagian wilayah yang terdapat di afrika juga banyak yang memeluk agama islam,serta sebagian juga agama nasrani. Bahkan nama yang terkenal bagi sebutan benua ini adalah benua muslim karena banyaknya penduduk disana memeluk agama islam.
Oleh karena itu,mayoritas penduduk disana banyak yang memeluk agama islam.nasrani,dan sebagian kecil masih memeluk kepercayaan local yaitu paganism.
Dalam peta dijelaskan bahwa agama samawi ini masuk di berbagai wilayah afrika melalui jalur air dan perpindahan penduduk bangsa arab dan india. Hal ini juga ditambah dengan masuknya suku bantu yang menyebar di daerah afrika. Maka tidak heran kalau banyak diantara pemain sepak bola yang berasal dari afrika beragama islam dan nasrani. Kenyataan ini bisa di lihat ketika para pemain sepak bola dari afrika mencetak gol,kebanyakan dari mereka kemudian bersujud di lapangan dan bersyukur kepada Allah swt.
Banyaknya pemeluk agama islam dan nasrani dan agama lainnya ini bisa dilihat dari perbandingan jumlah pemeluk agama-agama di afrika. Dikatakan bahwa pemeluk agama islam mencapai 300 juta jiwa,pemeluk agama nasrani 350 juta jiwa,kepercayaan local 70 juta jiwa,serta ada juga kepercayaan lainnya hanya 6 juta jiwa. bisa dikatakan bahwa kepercayaan agama local sudah mengalami dekadensi dengan masuknya agama islam dan nasrani.

2 komentar: